Recent Comments
    Aneka Resep

    Cara Mudah Menyiapkan Lezat Pinukuik / panekuk tradisional

    By
    on
    April 12, 2019

    Pinukuik / panekuk tradisional. Pinukuik ini adalah makanan tradisional khas Minang kabau (Padang). Pinukuik (pancake Padang) Dulu hampir setiap hari saya melihat orang membuat pinukuik karena tetangga sy jualan pinukuik. Pinukuik ini adalah makanan tradisional khas Minang kabau (Padang).

    Pinukuik / panekuk tradisional Bahan-bahannya adalah terigu, vanili, santan, parutan kelapa, dan tapai. Pinukuik biasanya disantap langsung karena sudah memiliki cita rasa yang manis. Apabila kurang manis, bisa juga ditambahkan dengan kucuran susu kental manis. Kamu dapat membuat Pinukuik / panekuk tradisional menggunakan 6 bahan dan 4 langkah. Berikut cara kamu membuat nya.

    Bahan bahan dari Pinukuik / panekuk tradisional

    1. Persiapkan 2 gelas tepung beras.
    2. Persiapkan 3 gelas air putih / santan.
    3. Bahan Kelapa parut dari 1/2 kelapa yg agak muda(kalau pakai air putih).
    4. Bahan Garam secukupnya (+/- 1/2 sdt).
    5. Kamu memerlukan Minyak goreng untuk mengoles cetakan.
    6. Bahan 5 potong tape singkong (+/- 300 g).

    Lihat juga resep Anak Inti (Cemilan Khas Minangkabau) enak lainnya. Sajian ini juga disebut Bak Mee Chor di Singapura, Thailand, dan Malaysia. Secara tradisional, Mee Pok dibuat dengan cara dikeringkan dan dicampur dengan saus atau kaldu. He Fen dan Mie Pho Resep Resep Cara Membuat Lapek Koci/ Sikoci Pariaman Sumatera Barat. #lapekkoci #makanantradisionalminang #padang Lapek Koci atau lapek sikoci adalah salah satu makanan yang barasal dari Pariaman Sumatera Barat Indonesia.

    Pinukuik / panekuk tradisional Cara membuat

    1. Masukkan tepung beras dan tape kedalam baskom, kemudian remas dan aduk dengan tangan sampai homogen. Diaduk agak lama.
    2. Tambahkan gula, garam lalu tambahkan santan atau air putih sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan tangan. Jangan sampai ada gumpalan. Bentuk adonan kental (seperti adonan kue semprong)..
    3. Tutupi baskom dengan kain/ lap basah, lalu diamkan+/- 5 jam, sampai adonan mengembang. Setelah itu tambahkan kelapa parut jika menggunakan air putih. Lalu diamkan lagi 1/2 jam. jika menggunakan santan, maka tidak perlu ditambahkan kelapa parut.
    4. Adonan siap dimasak dalam cetakan. jika belum punya cetakan, dapat juga menggunakan penggorengan namun harus sering dioles minyak. Pakai teplon lebih baik..

    Lapek koci ini merupakan kue tradisional Minangkabau yang memiliki rasa. Terkenal di Sunda (Jawa Barat) dengan nama surabi yang berbarti besar, jajanan seperti ini juga ada di Sumatera dan Bali. Disana, ada kudapan dari tepung beras dan santan yang disebut appam. Kedua, pengaruh dari Belanda, terutama bila dilihat ada jajanan di Sumatera Barat yang disebut pinukuik (pancake dalam bahasa Belanda). Keduanya sangat mungkin sebagai awal mula.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT