Recent Comments
    Aneka Resep

    Resep: Sempurna Selat Solo a la Dewi Dapur

    By
    on
    May 1, 2019

    Selat Solo a la Dewi Dapur. Jadi saya bikinnya malam dan in syaa Alloh pagi nya siap di santap. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya.

    Selat Solo a la Dewi Dapur Kuliner khas Solo bernama Selat ternyata merupakan modifikasi resep masakan Eropa yang dilakukan oleh koki Keraton. Menu masakan "Salad" a la Eropa dibuat dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa sehingga menghadirkan cita rasa berbeda dengan Salad.[Dapatkan penawaran terbaik sewa mobil di Solo di sini!] Di Solo, ada beberapa destinasi tempat kuliner yang menghadirkan Selat Solo sebagai menu… Untuk Selat Solo.aku lebih suka buat sendiri, karena lebih sesuai selera manisnya. Aku beberapa kali beli Selat Solo di warung terkenal di Solo.mblenger saking manisnya.sesendok aja udah nggak mau lagi. Kamu dapat membuat Selat Solo a la Dewi Dapur menggunakan 39 bahan dan 9 langkah. Berikut cara kamu membuat itu.

    Bahan bahan dari Selat Solo a la Dewi Dapur

    1. Bahan daging has dalam, potong-potong.
    2. Bahan bawang bombai ukuran sedang, cincang kasar, (tambahan sy).
    3. Bahan bunga lawang / pekak, optional, (tambahan sy).
    4. Bahan kayu manis, optional, (tambahan sy).
    5. Kamu memerlukan tomat, iris.
    6. Persiapkan butter/margarin/minyak goreng, (sy margarin).
    7. Bahan air panas.
    8. Bahan ♦ Bumbu Marinasi :.
    9. Kamu memerlukan bawang merah.
    10. Bahan bawang putih.
    11. Persiapkan lada bubuk.
    12. Bahan pala bubuk.
    13. Persiapkan kecap manis.
    14. Persiapkan garam, (sy garam himalaya).
    15. Bahan gula pasir, (sy pemanis tropicana slim).
    16. Persiapkan ♦ Telur Pindang :.
    17. Kamu memerlukan telur ayam rebus.
    18. Persiapkan air.
    19. Kamu memerlukan daun salam.
    20. Kamu memerlukan teh celup hitam, (sy teh celup sariwangi).
    21. Kamu memerlukan gula merah, sisir halus.
    22. Persiapkan kulit bawang merah, cuci bersih,optional (tambahan sy).
    23. Bahan ♦ Bumbu Halus :.
    24. Bahan bawang merah.
    25. Persiapkan bawang putih.
    26. Kamu memerlukan garam, (sy garam himalaya).
    27. Kamu memerlukan ♦ Bahan Pelengkap :.
    28. Kamu memerlukan kentang, potong bentuk chateu, rebus lalu goreng.
    29. Persiapkan wortel, potong bentuk jardiniere, rebus.
    30. Bahan buncis, potong ukuran 1jari telunjuk, rebus.
    31. Bahan tomat merah, potong menjadi beberapa bagian.
    32. Kamu memerlukan mayonnaise, (sy saus mayonnaise **).
    33. Persiapkan mustard, (sy skip).
    34. Kamu memerlukan ♦ Bahan Saus Mayonnaise (**) :.
    35. Persiapkan mayonnaise.
    36. Kamu memerlukan gula pasir, (sy pemanis tropicana slim).
    37. Bahan air jeruk nipis.
    38. Persiapkan merica hitam bubuk, (sy merica bubuk putih).
    39. Persiapkan garam, (sy garam himalaya).

    Jadi.pada dasarnya masakan Jawa memang manis.tapi manisnya kudu pasya teman-teman.dan harus tetap masih menyisakan citarasa gurih juga.bukan manis yang kebablasan.hihi. Ada berbagai jenis makanan seperti nasi langi, rawon, atau selat Solo yang bakal memanjakan lidah. Jangan lewatkan juga asem-asem iganya yang mak nyuss! Sabtu minggu lalu saat saya bersama.

    Selat Solo a la Dewi Dapur Cara membuat

    1. Potong daging sesuai selera, cuci bersih. Campur dan balurkan daging dengan bumbu marinasi, tutup dengan plastik wrap. Diamkan dikulkas selama 30 menit agar bumbu meresap ke daging..
    2. Dalam panci atau wajan, panaskan sedikit butter/margarin/minyak goreng, tumis bawang bombai hingga layu, masukkan daging, bunga lawang dan kayu manis, tumis hingga daging berubah warna. Tambahkan tomat potong, aduk2 hingga tomat layu, tuang air panas, aduk rata kembali, biarkan mendidih lalu tutup dan masak dengan api kecil hingga daging empuk dan air berkurang (bumbu mulai terlihat). ♦Sisahkan kuahnya👌 untuk disiramkan diatas dagingnya saat penyajian..
    3. Cicipi rasanya jika air hampir surut👌. Kalo saya tambahkan lagi 1-2sdm kecap manis, dan sedikit air hangat, (optional). Matikan kompor. ♦Jika daging belum empuk sementara air sudah surut, tambahkan lagi sedikit air panas, masak hingga empuk..
    4. ♦Pelengkap Sayuran : Potong-potong kentang bentuk chateu, wortel bentuk jardiniere atau sesuai selera. Siangi buncis dan potong 1jari telunjuk. Potong tomat menjadi beberapa bagian. Kemudian didihkan air, beri garam, aduk rata. Masukkan kentang, wortel dan buncis, rebus 3 – 4 menit lalu bilas (blanch) dengan air mengalir untuk menghentikan proses memasak. Tiriskan. Goreng kentang hingga sedikit berkulit (keemasan)..
    5. ♦Telur Pindang : Dalam panci, masukkan semua bahan, campur dan aduk hingga rata. Masak hingga air mendidih, lalu masak dengan api sedang cenderung kecil, tutup panci. Masak hingga air surut dan telur menjadi berwarna coklat kehitaman, sesekali diaduk-aduk ya 👌..
    6. ♦Saus Mayonnaise : Dalam mangkuk, campur dan aduk rata bahan saus mayonaise, cicipi rasanya..
    7. ♦Penyajian : Siapkan piring, tata daun selada, kentang, wortel, buncis, tomat, telur pindang dibelah 2, lalu letakkan daging ditengah, siram dengan kuah dagingnya beserta bumbu, beri saus mayonnaise di pinggir daging..
    8. Selat Solo, Ready to serve 🍴 😋😋.
    9. Kalo aku, menikmati selat solo dengan cara, ambil 1 lbr daun selada, beri seiris daging, seiris telur pindang, pilih sayurannya, jangan lupa saus dan kuahnya😊, terus bungkus atau gulung daun seladanya, masuk mulut deh hihi.. Aduhai rasanya,, masya'allah Yummy banget!! 👍👌😍.

    La Vue Rooftop Bar @ The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta. A few of my favorites: Serabi Solo, Nasi Liwet, Selat Solo. Selayaknya sarapan dan makan siang, makan malam juga menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu. Meskipun Anda sedang menjalani program diet untuk menjaga kestabilan berat badan, makan malam tetap diperlukan karena kebutuhan tubuh akan nutrisi harus tetap terpenuhi. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menu makan malam yang Anda konsumsi tidak menjadi bumerang yang.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT