Recent Comments
    Aneka Resep

    Cara Mudah Menyiapkan Sedap Kue Terang Bulan, Nostalgia Jajanan Masa Kecil

    By
    on
    September 7, 2019

    Kue Terang Bulan, Nostalgia Jajanan Masa Kecil. Roti terang bulan ini diisi dengan mentega, susu, dan gula halus yang nikmat banget. Saking enaknya, nggak jarang pembeli kudu rela antri untuk mendapatkan satu potong terang bulan ini. Masa kecil itu masa yang paling membahagiakan, di mana kamu bisa bermain sepuasnya dan makan sesukamu. karena itu, gak heran kalau makanan masa kecil itu selalu membuatmu senang.

    Kue Terang Bulan, Nostalgia Jajanan Masa Kecil Kue terang bulan adalah kudapan sejenis panekuk yang biasa dijajakan di pinggir jalan di seluruh Indonesia dan Malaysia, khususnya Sabah. Indonesia bagian tengah dan timur: terang bulan atau kue bulan. Indonesia bagian barat: Bangka: Kue hok-lo-pan. Kamu dapat membuat Kue Terang Bulan, Nostalgia Jajanan Masa Kecil menggunakan 13 bahan dan 5 langkah. Berikut cara kamu membuat nya.

    Bahan bahan dari Kue Terang Bulan, Nostalgia Jajanan Masa Kecil

    1. Bahan 250 gram terigu protein tinggi.
    2. Kamu memerlukan 2 sdm tepung tapioka.
    3. Kamu memerlukan 80 gram gula pasir.
    4. Kamu memerlukan 25 gram susu bubuk.
    5. Persiapkan 2 butir telur.
    6. Persiapkan 60 gram margarin cair.
    7. Persiapkan 3/4 sdt baking soda.
    8. Kamu memerlukan 3/4 sdt baking powder.
    9. Bahan 1/4 sdt garam.
    10. Persiapkan 1 1/4 sdt ragi instant.
    11. Bahan 250 ml air hangat.
    12. Bahan Pewarna makanan oren (bisa juga merah dicampur kuning).
    13. Persiapkan TOPPING: margarin, meises, SKM coklat.

    Apalagi pas beli jajanan masa kecil yang murah maknyos. Terang Bulan Dokpri (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk. Sementara di luar pasar, jajanan bisa dijangkau Saya jarang menemui jajanan masa kanak-kanak ini di Daerah Bantul dan Yogyakarta. Terang bulan adalah jajanan legendaris selanjutnya.

    Kue Terang Bulan, Nostalgia Jajanan Masa Kecil Langkah-langkah

    1. Campur ragi dengan 2.5 sdt gula pasir dan 5 sdt air hangat. Diamkan minimal 10 menit sampai mengeluarkan gelembung tanda ragi aktif..
    2. Campur semua bahan jadi satu termasuk ragi, untuk pewarna makanan terakhir saja. Kocok dengan whisker sampai tidak bergerindil. Air dimasukkan bertahap ya. Hentikan penambahan air jika adonan sudah encer seperti ini. Tambahkan pewarna makanan sampai warnanya oren kecoklatan seperti alami. Pewarna makanan berfungsi agar adonan warnanya tidak pucat saat matang nanti. Tutup adonan dengan plastic wrap dan diamkan sekitar 1.5 jam sampai mengembang dan berongga. Aduk adonan untuk mengeluarkan udara..
    3. Panaskan teflon/wok dengan api kecil. Tidak perlu dioles apapun. Cara mengetes sudah cukup panas atau belum dengan meneteskan 1 sdt air sampai air menguap..
    4. Cetak adonan sebanyak 2 sendok sayur. Ratakan, tutup kurang lebih 2 menit. Setelah permukaan terlihat tidak basah maka sudah bisa dilipat dan diangkat. Lanjutkan sampai adonan habis..
    5. Siap untuk diberi topping margarin, meises, dan susu kental manis coklat. Tiga bahan itu yang otentik sejak dulu. Namun kalau ingin keju parut juga boleh..

    Meski hampir sama dengan martabak, namun terang bulan berbeda dengan martabak ya, kalau martabak kan kering kalau terang bulan. Jajanan pasar merupakan penganan yang bisa dibeli dari pasar tradisional. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang rasanya manis hingga gurih. Kreativitas kuliner telah melahirkan kue putu ayu. Dibandingkan dengan kue putu, kue putu menjadi jajanan pasar yang tidak mudah basi dan biasa.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT