Recent Comments
    Aneka Resep

    Cara Mudah Memasak Lezat Tips Menyimpan Bahan Masakan, Bahan Kue dan Bumbu Dapur

    By
    on
    October 24, 2019

    Tips Menyimpan Bahan Masakan, Bahan Kue dan Bumbu Dapur. Hallo teman-teman balik lagi di Dapur Adis. Di video kali ini, aku pengin bagiin tips bagaimana cara menyimpan bumbu dapur dan bahan. Selain rempah dan bahan bumbu lainnya, masakan kita tidak pernah terlepas dari pengunaan garam gula dan penyedap untuk memberikan rasa pada sajian masakan yang dibuat.

    Tips Menyimpan Bahan Masakan, Bahan Kue dan Bumbu Dapur Nah, usahakan untuk menyimpan bumbu tersebut dalam toples kaca yang kedap udara dan segera masukkan ke dalam kulkas. Pernahkah Anda bingung bagaimana menyimpan bumbu-bumbu dapur? Atau bahan dapur mudah rusak padahal baru saja dibeli? Kamu dapat memasak Tips Menyimpan Bahan Masakan, Bahan Kue dan Bumbu Dapur menggunakan 11 bahan dan 10 langkah. Berikut cara kamu memasak itu.

    Bahan bahan dari Tips Menyimpan Bahan Masakan, Bahan Kue dan Bumbu Dapur

    1. Persiapkan Bahan Masakan:.
    2. Kamu memerlukan seperti daging ayam, ikan, sayuran, cabe, tahu, dll.
    3. Bahan Bahan Kue.
    4. Persiapkan seperti tepung, bahan pengembang, pewarna, topping, dll.
    5. Kamu memerlukan Bumbu Dapur.
    6. Persiapkan seperti garam, bubuk oregano, lada, ketumbar, dll.
    7. Bahan Peralatan:.
    8. Persiapkan Toples atau box penyimpanan (yang ada tutupnya).
    9. Persiapkan Tissue dapur.
    10. Kamu memerlukan Plastic wrap.
    11. Bahan Silica gel.

    Menyimpan Bumbu Dapur ‒ Bumbu basah. Bumbu basah, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabai, kunyit, jahe, dan lengkuas memiliki ketahanan. Sayur dan bahan makanan harus segar. Menjaga kualitas bumbu dapur berarti menjaga nilai nutrisi yang ada di dalamnya.

    Tips Menyimpan Bahan Masakan, Bahan Kue dan Bumbu Dapur Langkah-langkah

    1. Tips menyimpan CABE: ambil satu bungkus silica gel, letakkan di dalam toples. Tutupi dengan tisue dapur. Masukkan cabe, lalu tutup rapat. Simpan dalam kulkas..
    2. Tips menyimpang BAWANG MERAH dan BAWANG PUTIH: Ambil satu buah silica gel, letakkan di dasar toples lalu tutupi dengan tisu dapur. Masukkan bawang putih atau bawang merah (jangan dicampur). Tutup rapat lalu simpan di dalam kulkas..
    3. Tips menyimpan TAHU: Cuci bersih tahu, lalu masukkan ke dalam toples yang diisi air matang/air mineral. Tutup rapat toples. Ganti airnya setiap 3 hari..
    4. Tips menyimpan IKAN TERI dan EBI: Ambil silica gel, letakkan di dasar toples. Lapisi dengan tisu dapur. Masukkan ikan teri dan ebi (pisahkan). Tutup rapat, lalu simpan di kulkas..
    5. Tips menyimpan DAGING AYAM: Masukkan daging ayam ke dalam toples. Letakkan satu buah silica gel yang sudah dibungkus tisu dapur. Tutup rapat lalu simpan di dalam kulkas bagian chiller.
    6. Tips Menyimpan SAYURAN (1): Bungkus sayuran dengan plastic wrap hingga tertutup semua. Masukkan ke dalam kulkas..
    7. Tips menyimpan SAYURAN (2): Di rak bagian sayuran (kalau di kulkasku bagian paling bawah), letakkan 1 buah silica gel, supaya sayuran jadi lebih tahan lama..
    8. Tips menyimpan BAHAN KUE: Masukkan masing-masing bahan ke dalam toples, lalu beri label. Tata sesuai dengan kategorinya supaya mudah untuk mengambil. Untuk bahan kue yang lembab (selai, DCC), masukkan silica gel terlebih dahulu di dasar toples baru bahan kuenya. Untuk bahan kering, cukup disimpan di dalam lemari, tapi untuk bahan yang gampang rusak/basi, simpan di dalam kulkas setelah digunakan (keju, susu). Penting untuk memperhatikan cara penyimpanan yang tertulis di kemasan bahan kue ya..
    9. Tips menyimpan BUMBU DAPUR: Simpan dan pisahkan bumbu dapur menggunakan toples kedap udara. Beri label masing2 lalu cukup letakkan di meja, lemari, atau rak dapur. Untuk bahan yang agak lembab (seperti gula jawa atau bawang goreng), letakkan silica gel lalu tutupi dengan tisu, baru masukkan bumbu dapurnya..
    10. Kenapa SILICA GEL? Aku menggunakan silica gel untuk menyimpan bahan masakan, kue, dan bumbu dapur (bahkan makanan jadi) karena dia mampu menyerap kelembaban ataupun partikel air di dalam ruang/kemasan. Sehingga mampu mencegah timbulnya jamur dan bakteri. Jadi, bahan makanan menjadi lebih tahan lama. Oya, silica gel bisa dibeli di toko bahan kue yaa.. Harganya murah kok, aku beli di TBK sini, Rp 6.000 dapet 100 gram (sekitar 100 pcs)..

    Beberapa tips berikut akan membantu Anda menyimpan bumbu dapur dengan baik dan benar, seperti Bahan-bahan yang tak perlu proses lama dalam memasak bisa memangkas waktu di dapur. Tips masak cepat yang akan membuatmu terlihat jago Daripada setiap memasak harus membuat bumbu, sebaiknya setiap akhir pekan kamu mempersiapkan bumbu masak sekaligus untuk seminggu. Penasaran bumbu dapur apa saja yang membuat masakan Indonesia terasa begitu nikmat dan lezat? Kamu pasti tidak bisa membayangkan Kemiri adalah salah satu bumbu utama yang dibutuhkan beberapa masakan, seperti soto dan rawon. Selain itu, cengkeh pun dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk meracik parfum.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT