Recent Comments
    Aneka Resep

    Resep: Sedap Lontong mie khas Surabaya

    By
    on
    November 15, 2019

    Lontong mie khas Surabaya. Salah satu kuliner yang wajib Anda coba di Surabaya selain lontong balap, adalah lontong mie. Keunikan dari lontong mie Ny Marlia ini adalah taburan udang rebon dan bawang gorengnya yang membuat kuahnya terasa semakin gurih menyegarkan, juga ditambah. Lontong Mie Khas Surabaya, hampir mirip dengan lontong balap.

    Lontong mie khas Surabaya Salah satu makanan khas dari kota Surabaya yang menggunakan petis Madura sebagai salah satu bahannya dan itu yang membuat rasanya menjadi unik. Rekomendasi lontong mie paling enak di Surabaya. Kuah petis berwarna hitam kecoklatan lontong mie proses pembuatannya sangat sederhana yakni bawang putih dihaluskan, kecap manis, petis, cabe, air dimasak sampai mendidih dan sedikit mengental. Kamu dapat memasak Lontong mie khas Surabaya menggunakan 20 bahan dan 14 langkah. Berikut cara kamu memasak nya.

    Bahan bahan dari Lontong mie khas Surabaya

    1. Bahan 250 gr tauge.
    2. Kamu memerlukan 1 batang daun bawang.
    3. Bahan secukupnya Seledri cincang.
    4. Kamu memerlukan secukupnya Bawang merah goreng.
    5. Persiapkan secukupnya Bawang putih goreng.
    6. Persiapkan 1 liter air.
    7. Persiapkan 2 buah tahu goreng.
    8. Bahan 5 buah lontong.
    9. Kamu memerlukan 2 pcs Mie kuning (bisa merk apa saja)me:ekomie.
    10. Persiapkan 250 gr petis biasa.
    11. Bahan 100 gr petis enak.
    12. Persiapkan 2 SDM kecap manis.
    13. Kamu memerlukan Minyak goreng untuk menumis.
    14. Bahan Bumbu halus.
    15. Kamu memerlukan 5 siung bawang merah.
    16. Bahan 4 siung bawang putih.
    17. Bahan secukupnya Garam.
    18. Persiapkan secukupnya Gula.
    19. Kamu memerlukan secukupnya Merica.
    20. Kamu memerlukan Penyedap rasa.

    Resep Lontong Mie Surabaya Sederhana Spesial Asli Enak. Rasanya mirip resep lontong balap dan dilengkapi pula dengan sambal petis juga, yang membedakan adalah adanya penambahan mie hokkien untuk lento kita bisa request. Inilah yang menjadi khas dari masakan khas Surabaya ini. Makanan Khas Surabaya – Surabaya, tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan nama kota yang satu ini bukan?

    Lontong mie khas Surabaya Cara membuat

    1. Tumis bumbu halus sampai harum.
    2. Setelah harum,masukan air,masak sampai mendidih.
    3. Kalau sudah mendidih,masukan daun bawang dan kecap manis.
    4. Setelah itu masukan tauge,tes rasa.
    5. Bila di rasa sudah pas,matiin kompor terakhir masukan irisan seledri dan bawang merah goreng….taraaaa hasilnya seperti ini.
    6. Ganti topiknya sekarang ke petisnya ya bundašŸ˜.
    7. Masukan petis enak dan biasa ke dalam panci dan masukan air secukupnya,masak hingga petis tercampur rata…sisihkan.
    8. Dan akhirnya semua sudah siap dan tinggal penyajian di piring.
    9. Itu mie nya tinggal di rebus saja setengah matang kemudian angkat,tiriskan…kemudian kasih minyak goreng ya supaya mie nya tidak menggumpal.
    10. Cara menyajikannya pertama taruh bawang putih goreng dan 3 cabe(yg suka pedas bisa d tambah of ya bunda) kemudian di uleg pake punggung sendok klu sudah baru kasih petis yang sudah di masak td klu sudah tercampur rata,kasih kuahnya dulu aduk2 hingga merata ae.
    11. Lalu mulai dech di kasih irisan lontong,irisan tahu,mie dan yg terakhir kasih tauge plus kuahnya….terakhir taburi bawang merah goreng di atasnya.
    12. Daaannnnn taraaaa….lontong mie khas Surabaya sudah siap di hidangkanšŸ¤—.
    13. NB:lontong mie ini paling enak di makan pake lento kacang ya dan berhubung tadi Ndak sempet bikin…jadi ya seadanya aja….
    14. Selamat mencobašŸ˜Š.

    Kota yang menjadi ibu kota dari Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia selain Jakarta dan Palembang. Lontong Mie adalah salah satu makanan khas Kota Surabaya. Makanan berkuah ini terdiri atas lontong, sayur tauge, mie kuning, udang kecil goreng, potongan tahu goreng dan lentho dengan sambal petis udang. Rasanya manis gurih dan biasa disuguhkan dengan berbagai pangan kecil. Konon jaman dulu, para penjaja lontong khas Surabaya ini berangkat berdagang, dengan saling kebut-kebutan atau balapan mengendarai sepeda roda duanya.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT