Recent Comments
    Aneka Resep

    Resep: Sedap Ceker Dimsum Homie

    By
    on
    November 22, 2019

    Ceker Dimsum Homie. Lihat juga resep Dimsum ceker ala rumahan dijamin otentik (tanpa pewarna makanan) enak lainnya. Resep olahan ceker ayam, dimsum angsio kaki ayam. Tetapi bukan berarti tidak bisa dibuat secara rumahan.

    Ceker Dimsum Homie Kamu dapat memasak Ceker Dimsum Homie menggunakan 30 bahan dan 19 langkah. Berikut cara kamu membuat nya.

    Bahan bahan dari Ceker Dimsum Homie

    1. Persiapkan Proses (Pre-Cook) Ceker :.
    2. Persiapkan 40 biji ceker ayam.
    3. Kamu memerlukan 2 buah jeruk nipis.
    4. Kamu memerlukan Secukupnya garam.
    5. Kamu memerlukan Secukupnya minyak untuk menggoreng.
    6. Kamu memerlukan Secukupnya air es untuk merendam.
    7. Bahan Bumbu Halus :.
    8. Kamu memerlukan 8 siung bawang merah.
    9. Persiapkan 5 siung bawang putih.
    10. Bahan 10 biji cabe merah keriting (sesuaikan selera).
    11. Kamu memerlukan 8 biji cabe setan (sesuaikan selera).
    12. Bahan Bumbu Cemplungan :.
    13. Kamu memerlukan 1 batang kayu manis.
    14. Kamu memerlukan 1 sdt angkak (me: rempah cabe jawa kering).
    15. Kamu memerlukan 4 buah kembang lawang/pekak.
    16. Kamu memerlukan 3 ruas jahe (geprek, iris2).
    17. Bahan Bahan Saos Angsio (Dimsum) :.
    18. Persiapkan 4 sdm saos tiram (me: saori saos tiram).
    19. Kamu memerlukan 4 sdm kecap manis (me: kecap bango).
    20. Kamu memerlukan 4 sdm kecap asin (me: kecap abc).
    21. Persiapkan 3 sdm kecap ikan (me: ganti saori saos teriyaki).
    22. Kamu memerlukan 7 sdm saos sambel (me: sambel abc original).
    23. Kamu memerlukan Bahan Finishing :.
    24. Kamu memerlukan 3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu.
    25. Bahan Secukupnya air untuk presto ceker.
    26. Kamu memerlukan Secukupnya lada bubuk (me: ladaku).
    27. Persiapkan Secukupnya kaldu jamur/ kaldu bubuk (me: royco ayam).
    28. Persiapkan 4 sdm minyak wijen.
    29. Bahan 1 sdm tepung maizena (larutkan sedikit air).
    30. Bahan 2 buah cabe merah besar (iris2 serong).

    Ceker Dimsum Homie Cara membuat

    1. Proses ceker ayam-nya lebih dulu. Cuci bersih ceker ayam, buang kulit2 kering dan kuku2nya. Bilas bersih. Baluri dengan air jeruk nipis dan secukupnya garam. Diamkan sebentar sekitar 5 menit..
    2. Goreng ceker2 ayam dengan cukup minyak panas hingga kering. Hati-hati waktu menggoreng ceker karena akan meletus-letus. Boleh di tutup wajannya agar gak kena letusan. Setelah ceker digoreng kering, angkat dan tiriskan dari minyak..
    3. Rendam ceker2 yg sudah di goreng tadi dalam cukup air es/air es batu. Diamkan selama minimal 2 jam. Aku rendam air es batu dan didiamkan 3 jam dalam lemari es. Boleh juga di goreng malam hari dan di rendam dalam air es di kulkas untuk dimasak esok harinya agar ceker2 tersebut benar2 lembut, medok dan keriting2..
    4. Sambil menunggu ceker di rendam air es. Siapkan bumbu-bumbu lainnya. Cabe2an + bawang2an di haluskan. Kalo pengen bener2 halus bisa di blender. Tapi kalo ga masalah agak kasar bisa pake chopper atau di uleg pake ulegan. Aku lagi males ngeluarin blender. Jadi aku uleg aja pake ulegan tradisional. Jumlah cabe2an-nya silahkan dikurangi atau bahkan ditambahin sesuai selera ya. Tapi yg ini juga udah nampol pedesnya lho!.
    5. Siapkan juga bumbu cemplungan. Satu batang kayu manis, bunga lawang/pekak yg kubeli kebetulan udah pecah2 semua, gak masalah. Trus karena ga nemu angkak, si biby malah dikasih entah rempah apa katanya cabe jawa yg dibilang kang jual sama aja dgn angkak, kucium2 oke juga aroma rempahnya. So, aku pakein aja buat ganti angkak. Jahe ku iris 3 tipis, di geprek trs ku iris2 memanjang korek api..
    6. Cabe merah besar diiris2 serong untuk taburan nanti..
    7. Setelah minimal sekitar 3 jam-an (atau semalaman) di rendam air es. Keluarkan ceker2 ayam. Sudah tampak ceker2-nya udah empuk, mekar dan keriting2 kulitnya dan siap di proses masak lebih lanjut..
    8. Panaskan 3 sdm minyak goreng dalam wajan. Masukkan dan tumis semua bumbu halus (cabe2an+bawang2an yg dihaluskan) hingga harum..
    9. Masukkan semua bumbu cemplungan (kayu manis, angkak, bunga lawang & jahe) ke dalam tumisan..
    10. Masukkan semua bahan2 saos angsio/dimsum ceker (semua saos2an dan kecap2an) ke dalam tumisan..
    11. Tambahkan sedikit air. Aduk merata..
    12. Masukkan ceker2 ke dalam tumisan bumbu..
    13. Aduk semua ceker merata dengan tumisan bumbu..
    14. Pindahkan ceker dan semua bumbunya ke dalam panci presto (aku pake panci biasa). Tambahkan air secukupnya (agak banyak). Tambahkan lada bubuk dan kaldu jamur/kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata. Panaskan dgn api besar sekitar 7 menit, lalu matikan api sekitar 25-30 menit biarkan panci tertutup rapat..
    15. Lalu buka tutup panci, aduk2 ceker dan bumbu prestonya. Cicip rasanya dan koreksi. Jika rasanya sudah pas. Tambahkan air larutan maizena sebagai pengental dan minyak wijen. Aduk rata semuanya. Masak lagi hingga kuah lebih meresap dan mengental..
    16. Setelah angsio ceker masak, tambahkan irisan cabe merah sebagai taburan..
    17. Pindahkan ke dalam mangkuk..
    18. Pedes dan rasanya ini tu pass bangettt! Bikin makin nge-fans sama ceker 😍 My Biby said 'Fix! Kalo masak ceker sekarang harus kek gini!' πŸ˜ƒπŸ’•.
    19. Angsio Ceker alias Ceker Dimsum Homie ala rumahan dgn citarasa resto dimsum siap menghangatkan acara makan bareng keluarga 😘 Dimakan dengan nasi mantep, di gadoin tanpa nasi pun maknyusss 😚 Poko"e Juosss!!! πŸ˜†πŸ₯˜ – 🌻Unda Qy.
    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT