Recent Comments
    Aneka Resep

    Cara Memasak Sempurna Wajik Ketan Gula Merah

    By
    on
    February 5, 2020

    Wajik Ketan Gula Merah. Ketan wajik terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula jawa / gula merah lazim digunakan pada wajik jenis ini. Gula jawa akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

    Wajik Ketan Gula Merah Bagi anda yang mungkin bertanya-tanya apakah ketan hitam juga bisa dibuat wajik, jawabannya pasti iya karena beras ketan hitam juga sama halnya dengan beras ketan putih sehingga keduanya. Cara membuat Wajik Ketan Gula Merah. Pertama taman anda harus menyiapkan bahan bahan diatas terlebih dahulu dengan ukuran yang pas. Kamu dapat membuat Wajik Ketan Gula Merah menggunakan 12 bahan dan 5 langkah. Berikut cara kamu memasak itu.

    Bahan bahan dari Wajik Ketan Gula Merah

    1. Bahan Bahan. A.
    2. Kamu memerlukan 500 gr Beras Ketan (me:350 gr kurleb 2.5 Cup) direndam 4 Jam.
    3. Kamu memerlukan Bahan. B.
    4. Persiapkan 1 Bungkus Santan Kara (uk.65ml).
    5. Bahan 2 Lembar daun pandan disimpul.
    6. Kamu memerlukan 125 ml air (me: Secukupnya set magicom).
    7. Kamu memerlukan 1 Sdt Garam.
    8. Persiapkan Bahan. C.
    9. Kamu memerlukan 4 Bungkus Santan kara.Uk kecil (me: 3 Bungkus).
    10. Persiapkan 250 gr Gula Merah (me: 200 gr dikikis).
    11. Persiapkan 2 Lembar Daun Pandan ikat simpul.
    12. Bahan 1 sdm air Jahe dr 1 Ruas jahe (me: Digeprek).

    Selanjutnya anda bisa merendam ketan tersebut selama kurang lebih satu jam. Wajik ketan terbuat dari beras ketan yang dikukus kemudian dimasak dengan campuran santan, dan gula hingga berminyak dan terasa lembut. Gula yang digunakan pada wajik jenis ini biasanya adalah gula merah. Gula merah yang digunakan akan membuat wajik menjadi berwarna coklat muda hingga coklat tua.

    Wajik Ketan Gula Merah Langkah-langkah

    1. Siapkan semua bahan, ketan direndam 4 Jam (krn hanya sedikit) lalu masak dgn air+santan+Pandan, menggunakan magicom hingga set *Resep asli dikukus (aq mau simple dan cepat, heheheee). Lalu didihkan santan bersama jahe+pandan menggunakan panci anti lengket *Jahe resep asli diparut dan diambil airnya (Jaheku digeprek).
    2. Setelah santan mendidih tuang gula merah yg telah dikikis dan aduk2 hingga mengental.
    3. Setelah itu masukan ketan yg telah dimasak tadi dan aduk rata (penampakan ketan aq ada serabut kelapa parut muda sedikit ya, krn awalnya mau dimakan pakai klpa muda,….dan akhirnya berubah pikiran disulap jadi wajik, wkwkwkkwkw). Aduk2 trs agar tidak trlalu meletup2. Biarkan hingga air gula benar2 menyusut dan kalis (Angkat jahe dan pandannya sebelum gula menyusut ya…).
    4. Siapkan loyang yg telah dialasi plastik/daun. Lalu tuang wajik ketannya dan sedikit agak ditekan. Agar madet dan rata saat pemotongan. (Atau cetak sesuai selera). Biarkan suhu ruang hingga bnr2 set dingin..
    5. Pindahkan wajik ke wadah kering, lalu siap untuk dipotong2. Setelah dipotong2 (Lupa dokumen pocan pemotongannya. Aq motong pake spatula) lalu aq bungkus lagi si wajik dengan plastik pengganti daun. Agar gampang saat menikmatinya. Dan wajik siap untuk dihidangkan. Selamat mencoba.

    Ada wajik yang dibuat dari beras ketan dan gula merah, ada yang menggunakan gula kelapa, dan lainnya. Nah, berikut adalah beberapa macam wajik yang populer di Indonesia: Wajik ketan; Sama seperti namanya, wajik jenis satu ini berasal dari beras ketan. Begitu banyak kue yang dibuat dengan bahan dasar beras ketan, salah satunya ialah wajik. Sebutan kue wajik sendiri lebih terkenal di daerah Jawa Tengah dan memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah. Kue ini termasuk dalam kategori jajanan basah dengan cita rasa manis dan nikmat.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT