Recent Comments
    Aneka Resep

    Resep: Lezat Manisan Kolang Kaling Fanta

    By
    on
    March 8, 2020

    Manisan Kolang Kaling Fanta. Sebentar lagi puasa ramadhan tiba banyak sekali kolang kaling dijual dipasar-pasar tradisinal. Dalam video kali ini saya akan memberikan resep kreasi. Resep Manisan Kolang Kaling – Kolang kaling merupakan buah putih bulat pipih yang berasal dari pohon aren yang proses pengolahannya dengan cara direbus dalam waktu yang cukup lama untuk mengilangkan getahnya, kemudian dikupas dan diambil bijinya.

    Manisan Kolang Kaling Fanta Selain menggunakan Fanta, Anda juga bisa menggantinya dengan sirup atau minuman lain yang Anda sukai. Selain dapat dijadikan manisan, kolang kaling juga sangat cocok untuk. Kolang kaling sangat cocok diolah menjadi dessert yang manis. Kamu dapat membuat Manisan Kolang Kaling Fanta menggunakan 5 bahan dan 8 langkah. Berikut cara kamu memasak nya.

    Bahan bahan dari Manisan Kolang Kaling Fanta

    1. Kamu memerlukan 2 kg kolang kaling.
    2. Bahan 250-300 gram gula pasir (tingkat kemanisan sesuai selera).
    3. Persiapkan 1 liter Fanta merah.
    4. Persiapkan 5 lembar daun pandan.
    5. Bahan 7 lembar daun jeruk (boleh lebih).

    Tidak heran, makanan ini sering dijadikan makanan untuk berbuka puasa. Konon kabarnya, manisan kolang kaling merupakan camilan khas Betawi. Makanan yang sering disebut buah atap ini berasal dari biji buah aren yang. Selain pisang, biji salak maupun aneka ubi-ubian, buah kolang kaling juga menjadi salah satu bahan favorit yang disajikan ketika berbuka puasa.

    Manisan Kolang Kaling Fanta Langkah-langkah

    1. Cuci bersih kolang kaling dengan air mengalir beberapa kali hingga bersih. Rendam dengan air cucian beras (kalau saya jarang barengan dengan memasak nasi, jadi saya ambil segenggam beras lalu diremat-remat bersama kolang kaling). Rendam semalaman atau minimal 5 jam untuk menghilangkan rasa asam dan lendir pada kolang kaling.
    2. Setelah direndam, cuci bersih sambil diremat/diremas dengan air mengalir sampai benar-benar bersih dan kesat. (Saat dicuci, beras akan mengendap dibawah, jadi gak akan bercampur dengan kolang kalingnya)..
    3. Rebus dengan air biasa kurang lebih 7menit dari saat air mendidih. Bisa tanpa direbus dahulu, tapi saya lebih aman kalo direbus dulu sebelum diolah. Buang airnya dan tiriskan kolang kaling..
    4. Dalam wadah lain, masukkan semua bahan termasuk kolang kaling yang sudah direbus tadi. Aduk-aduk sampai tercampur rata. Masak menggunakan api kecil yaa, agar tidak cepat gosong. TIPS : Gunakan panci/wajan enamel atau stainless agar warna yang dihasilkan bagus, tidak terserap oleh panci/wajan yg kita gunakan. Jika wadah yang kita gunakan benar, warna dari fanta akan sangat cantik merahnya tanpa perlu menambahkan pewarna makanan lagi..
    5. Masak sampai air surut dan mengental. Jangan lupa sering diaduk yaa. Koreksi rasa, jika kurang manis bisa ditambahkan gula pasir lagi..
    6. Matikan api jika sudah mengental. Ini sebenarnya sudah matang, sudah bisa dikonsumsi. Kalau mau lebih legit lagi rasanya, bisa diinapkan semalaman, besok bisa dimasak lagi dengan menambahkan sedikit fanta kedalamnya. Ulangi pemasakan hingga kekentalan yang diinginkan dan kolang kaling menjadi tambah legit..
    7. Sajikan kolang kaling. Lebih nikmat disajikan saat sudah diinapkan dikulkas alias sudah dingin. Maaf saya pakai foto dagangan saya. Kolang kaling terlihat lebih mengkilat karena proses pemasakan yang 2 hari itu..
    8. Selamat mencoba… ^^.

    Kolang kaling yang kerap disebut dengan buah atap ini memiliki tekstur yang kenyal berbentuk lonjong. Kolang-kaling selain memiliki rasa yang enak ternyata juga memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Kolang-kaling kaya kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium yang bisa menyegarkan tubuh, serta memperlancar metabolisme tubuh. Manisan kolang-kaling merupakan sajian wajib masyarakat Betawi jika hari raya lebaran tiba. Selain itu kolang kaling sangat baik bagi kesehatan.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT