Recent Comments
    Aneka Resep

    Resep: Lezat Kue pepe a.ka. kue lapis

    By
    on
    March 26, 2020

    Kue pepe a.ka. kue lapis. ❤ I hope you like this video! It would mean so much to me if you share this recipe with your friends. ❤ I hope this video was fun and helpful. Kue lapis is an Indonesian kue, or a traditional snack of steamed colourful layered soft rice flour pudding.

    Kue pepe a.ka. kue lapis I found two different recipes, once was posted at Haramain's Kitchen and another one was from my cookbook, The Best of. Sajian kue pepe lapis ini memang sudah sangat umum di sajikan untuk menyambut hari raya lebaran. Biasanya untuk cemilan saat berkumpul bersama keluarga, kerabat maupun tamu yang berkunjung ku rumah. Kamu dapat memasak Kue pepe a.ka. kue lapis menggunakan 8 bahan dan 10 langkah. Berikut cara kamu memasak nya.

    Bahan bahan dari Kue pepe a.ka. kue lapis

    1. Persiapkan 1200 ml santan sedang (dr 1butir kelapa).
    2. Bahan 250 gr tepung tapioka.
    3. Bahan 150 gr tepung beras.
    4. Bahan 300 gr gula pasir.
    5. Kamu memerlukan 1 sdt garam.
    6. Bahan 1/2 sdt vanili.
    7. Kamu memerlukan 2 lembar daun pandan.
    8. Kamu memerlukan Pewarna makan (bebas sesuka hati aja).

    Namun dengan keunikan rasa kue pepe lapis yang begitu kenyal. Kue Pepe atau kue lapis pepe merupakan kue tradisional khas betawi. Kue ini enak dengan tekstur yang lembut dan cantik mirip seperti kue lapis. Kue pepe biasanya dibuat dengan tepung sagu atau pun tepung kanji.

    Kue pepe a.ka. kue lapis Cara membuat

    1. Rebus santan, gula pasir, garem, vanili dan daun pandan sampai mendidih. Lalu diamkan sampai dingin/ hangat kukuh.
    2. Panaskan kukusan dengan api kecil dan tutup panci di alasin kain serbet..
    3. Sambil nunggu panci panas, dalam wadah campur tepung tapioka dan beras, aduk rata. Tambahkan santan, aduk teuz sampai semua tepung larut dan tidak ada yang bergelindir.
    4. Bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai selera. Lalu beri pewarna, untuk adonan putih akan lebih bagus jika di beri pewarna putih. Tp klo tidak ada tidak apa2.
    5. Tuang adonan pertama ke dalam loyang yang sudah di olesi minyak goreng tipis2. Kukus setiap warna selama 5-7 menit. Lalukan hingga habis..
    6. Adonan terakhir di kukus selama 1jam ya bun, biar kue pepe tidak cepat basi dan awet hingga 2 hari..
    7. Sedikit tips ya bun… Setelah 1 jam adonan paling atas akan menggelembung, dan lengket tp tidak apa2. Itu wajar nanti saat dingin dia akan keras dan kembali kebentuk semula, rata dengan yang lainnya..
    8. Setelah matang, matikan kompor lalu keluarkan loyanh dari panci, lamgsung letakkan di dalam baskom berisi air. Fungsinya untuk mendinginkan adonan agar cepat dingin. Airnya harus lebih rendah dari tinggi loyang ya bun….
    9. Diamkan beberapa jam sampai adonan benar2 dingin,, baru keluarkan dari loyang. Untuk memotongnya pakao pisau yang udah di lapisi plastik ya bun….
    10. Btw krn ini prosesnya lama, saya selalu bikin sore karna selesainya hampir menjelang isya. Jadi rendem loyanh berisi kue hingga pagi. Baru pagi di potong 2. Hasilnya cantik dan mulus, tanpa perlu memotong pinggiran kue… Selamat mencoba😍🎉🎉.

    Kue ini nikmat dijadikan cemilan teman santai dengan secangkir teh. In a small food processor, grind pandan leaf, kaffir lime leaves and lemongarss until smooth. – Recipe Other : Kue pepe – kue lapis sagu Resep Kue Pepe Lapis Sagu. KOMPAS.com – Jajanan kue tradisional dari Betawi dengan bentuk seperti kue lapis ini dinamakan kue Pepe. Kue Pepe terbuat dari tepung sagu yang dimasak dengan santan dan gula sehingga teksturnya menjadi. Lebih spesifik kalau kue Pepe itu terbuat dari tepung tapioka.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT