Recent Comments
    Aneka Resep

    Cara Memasak Sedap Sate Kere Khas Solo

    By
    on
    May 11, 2020

    Sate Kere Khas Solo. Sate Kere Barokah. kalau ga salah daerahnya namanya Nayu, deket Dlilir, deket Universitas Slamet Riyadi atau Unisri. Yang tau silakan comment 😊 makasih 😊. Kuliner di Solo: Sate Kere Manahan Solo.

    Sate Kere Khas Solo Resep sate kere, sate khas solo berbahan dasar jeroan. Dulu sate ini disebut sate kere karena yang makan kere-kere kismin (alias miskin). Tetapi sekarang semua, mau kaya atau tidak suka makan sate kere Di antara menu-menu khas Solo tersebut ada tengkleng, sate kere, cabuk rambak dan timlo solo. Kamu dapat membuat Sate Kere Khas Solo menggunakan 17 bahan dan 6 langkah. Berikut cara kamu memasak nya.

    Bahan bahan dari Sate Kere Khas Solo

    1. Kamu memerlukan Bahan Sate.
    2. Bahan 1 papan Tempe.
    3. Kamu memerlukan 10 buah Tahu Goreng.
    4. Bahan 10 buah Cabai Rawit.
    5. Kamu memerlukan 2 siung Bawang Putih.
    6. Persiapkan 2 siung Bawang Merah.
    7. Kamu memerlukan 1 butir Kemiri.
    8. Kamu memerlukan 1 sdm Ketumbar.
    9. Bahan 50 gr Gula Merah.
    10. Kamu memerlukan 2 sdm Kecap Manis.
    11. Bahan 1 sdt Garam.
    12. Bahan 1 sdt Penyedap Rasa.
    13. Persiapkan 2 sdm Minyak Goreng.
    14. Bahan 4 sdm Air.
    15. Bahan Secukupnya Tusuk Sate.
    16. Kamu memerlukan Bahan Olesan Sate.
    17. Bahan 4 sdm Minyak Goreng.

    Pemilik restoran Dapur Solo, Swandani bercerita. Sejak kemunculannya pada zaman kolonial, sate kere adalah pilihan kuliner untuk masyarakat Surakarta. Ada sate khas kota Solo yang legendaris banget, bahannya dari tempe gembus. Karena harganya yang murmer, namanya Sate Kere.

    Sate Kere Khas Solo Cara membuat

    1. Cuci bersih tahu dan tempe, lalu potong dadu kecil tahu dan tempe, sisihkan..
    2. Cuci bersih bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan cabe rawit lalu haluskan dengan blender. Setelah halus, tumis dengan api sedang sampai harum..
    3. Jika bumbu sudah harum, masukan gula merah, kecap manis, garam dan penyedap rasa. Aduk-aduk hingga gula mencair..
    4. Setelah gula mencair dan tercampur rata dengan bumbu, masukan tempe dan tahu. Aduk rata, lalu tambahkan air, setelah itu tunggu hingga semua air surut dan bumbu meresap. Matikan, dan tunggu hingga agak dingin..
    5. Setelah tahu dan tempe siap, tusuk memanjang tahu dan tempe selang seling dengan tusuk sate. Lakukan sampai semuanya habis. Setelah selesai, panaskan panggangan lalu olesi dengan minyak permukaanya agar tidak lengket..
    6. Panggang sate sampai permukaanya kecoklatan, sesekali diolesi dengan sedikit minyak agar sate menjadi lebih garing nantinya. Jika sudah selesai, siap disajikan dan disantap. Selamat mencoba❤️.

    Akan tetapi rasanya tak kalah dengan yang dari daging. Sate kere khas Yogya biasanya menggunakan lemak dan otot sebagai bahan utama. Sementara sate kere khas Solo dibuat dari tempe gembus dan jeroan seperti ginjal dan babat. Keduanya disajikan bersama bumbu kacang yang sarat rempah. Sate kere merupakan salah satu makanan khas Solo, hasil kreativitas masyarakat biasa pada zaman dahulu.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT