Recent Comments
    Aneka Resep

    Cara Mudah Menyiapkan Sempurna Selat Solo a la Dewi Dapur

    By
    on
    June 3, 2020

    Selat Solo a la Dewi Dapur. Jadi saya bikinnya malam dan in syaa Alloh pagi nya siap di santap. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya. Minggu yang lalu saya dapet Video Masak "Selat Solo" hadiah dari program #BancakanOnlineBarengCookpad, minggu kemarin dapet surat cinta dari Mamah CP, katanya suruh dipraktekkan setelah liat videonya.

    Selat Solo a la Dewi Dapur Kuliner khas Solo bernama Selat ternyata merupakan modifikasi resep masakan Eropa yang dilakukan oleh koki Keraton. Menu masakan "Salad" a la Eropa dibuat dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa sehingga menghadirkan cita rasa berbeda dengan Salad.[Dapatkan penawaran terbaik sewa mobil di Solo di sini!] Di Solo, ada beberapa destinasi tempat kuliner yang menghadirkan Selat Solo sebagai menu… Untuk Selat Solo.aku lebih suka buat sendiri, karena lebih sesuai selera manisnya. Aku beberapa kali beli Selat Solo di warung terkenal di Solo.mblenger saking manisnya.sesendok aja udah nggak mau lagi. Kamu dapat memasak Selat Solo a la Dewi Dapur menggunakan 39 bahan dan 9 langkah. Berikut cara kamu membuat itu.

    Bahan bahan dari Selat Solo a la Dewi Dapur

    1. Bahan 250 gram daging has dalam, potong-potong.
    2. Bahan 1/2 bh bawang bombai ukuran sedang, cincang kasar, (tambahan sy).
    3. Bahan 1 bh bunga lawang / pekak, optional, (tambahan sy).
    4. Kamu memerlukan 1 cm kayu manis, optional, (tambahan sy).
    5. Bahan 120 gram tomat, iris.
    6. Bahan 1 sdm butter/margarin/minyak goreng, (sy margarin).
    7. Bahan 600 ml air panas.
    8. Kamu memerlukan ♦ Bumbu Marinasi :.
    9. Bahan 7 btr bawang merah.
    10. Kamu memerlukan 5 siung bawang putih.
    11. Kamu memerlukan 1/2 sdt lada bubuk.
    12. Persiapkan 1/4 sdt pala bubuk.
    13. Persiapkan 2 sdm kecap manis.
    14. Kamu memerlukan 1 sdt garam, (sy garam himalaya).
    15. Kamu memerlukan 1 sdt gula pasir, (sy pemanis tropicana slim).
    16. Persiapkan ♦ Telur Pindang :.
    17. Persiapkan 4 butir telur ayam rebus.
    18. Persiapkan 400 ml air.
    19. Persiapkan 5 lembar daun salam.
    20. Bahan 1 buah teh celup hitam, (sy teh celup sariwangi).
    21. Bahan 55 gr gula merah, sisir halus.
    22. Bahan 1 genggam kulit bawang merah, cuci bersih,optional (tambahan sy).
    23. Kamu memerlukan ♦ Bumbu Halus :.
    24. Persiapkan 5 siung bawang merah.
    25. Kamu memerlukan 3 siung bawang putih.
    26. Persiapkan 1 sdt garam, (sy garam himalaya).
    27. Kamu memerlukan ♦ Bahan Pelengkap :.
    28. Kamu memerlukan 200 gram kentang, potong bentuk chateu, rebus lalu goreng.
    29. Bahan 100 gram wortel, potong bentuk jardiniere, rebus.
    30. Bahan 100 gram buncis, potong ukuran 1jari telunjuk, rebus.
    31. Bahan 2 bh tomat merah, potong menjadi beberapa bagian.
    32. Bahan 1 sdm mayonnaise, (sy saus mayonnaise **).
    33. Kamu memerlukan 1 sdm mustard, (sy skip).
    34. Bahan ♦ Bahan Saus Mayonnaise (**) :.
    35. Persiapkan 3 sdm mayonnaise.
    36. Bahan 1/4 sdt gula pasir, (sy pemanis tropicana slim).
    37. Kamu memerlukan 1/4 sdt air jeruk nipis.
    38. Bahan Seujung sendok merica hitam bubuk, (sy merica bubuk putih).
    39. Persiapkan Seujung kuku garam, (sy garam himalaya).

    Jadi.pada dasarnya masakan Jawa memang manis.tapi manisnya kudu pasya teman-teman.dan harus tetap masih menyisakan citarasa gurih juga.bukan manis yang kebablasan.hihi. Ada berbagai jenis makanan seperti nasi langi, rawon, atau selat Solo yang bakal memanjakan lidah. Jangan lewatkan juga asem-asem iganya yang mak nyuss! Sabtu minggu lalu saat saya bersama.

    Selat Solo a la Dewi Dapur Cara membuat

    1. Potong daging sesuai selera, cuci bersih. Campur dan balurkan daging dengan bumbu marinasi, tutup dengan plastik wrap. Diamkan dikulkas selama 30 menit agar bumbu meresap ke daging..
    2. Dalam panci atau wajan, panaskan sedikit butter/margarin/minyak goreng, tumis bawang bombai hingga layu, masukkan daging, bunga lawang dan kayu manis, tumis hingga daging berubah warna. Tambahkan tomat potong, aduk2 hingga tomat layu, tuang air panas, aduk rata kembali, biarkan mendidih lalu tutup dan masak dengan api kecil hingga daging empuk dan air berkurang (bumbu mulai terlihat). ♦Sisahkan kuahnya👌 untuk disiramkan diatas dagingnya saat penyajian..
    3. Cicipi rasanya jika air hampir surut👌. Kalo saya tambahkan lagi 1-2sdm kecap manis, dan sedikit air hangat, (optional). Matikan kompor. ♦Jika daging belum empuk sementara air sudah surut, tambahkan lagi sedikit air panas, masak hingga empuk..
    4. ♦Pelengkap Sayuran : Potong-potong kentang bentuk chateu, wortel bentuk jardiniere atau sesuai selera. Siangi buncis dan potong 1jari telunjuk. Potong tomat menjadi beberapa bagian. Kemudian didihkan air, beri garam, aduk rata. Masukkan kentang, wortel dan buncis, rebus 3 – 4 menit lalu bilas (blanch) dengan air mengalir untuk menghentikan proses memasak. Tiriskan. Goreng kentang hingga sedikit berkulit (keemasan)..
    5. ♦Telur Pindang : Dalam panci, masukkan semua bahan, campur dan aduk hingga rata. Masak hingga air mendidih, lalu masak dengan api sedang cenderung kecil, tutup panci. Masak hingga air surut dan telur menjadi berwarna coklat kehitaman, sesekali diaduk-aduk ya 👌..
    6. ♦Saus Mayonnaise : Dalam mangkuk, campur dan aduk rata bahan saus mayonaise, cicipi rasanya..
    7. ♦Penyajian : Siapkan piring, tata daun selada, kentang, wortel, buncis, tomat, telur pindang dibelah 2, lalu letakkan daging ditengah, siram dengan kuah dagingnya beserta bumbu, beri saus mayonnaise di pinggir daging..
    8. Selat Solo, Ready to serve 🍴 😋😋.
    9. Kalo aku, menikmati selat solo dengan cara, ambil 1 lbr daun selada, beri seiris daging, seiris telur pindang, pilih sayurannya, jangan lupa saus dan kuahnya😊, terus bungkus atau gulung daun seladanya, masuk mulut deh hihi.. Aduhai rasanya,, masya'allah Yummy banget!! 👍👌😍.

    La Vue Rooftop Bar @ The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, Jakarta. A few of my favorites: Serabi Solo, Nasi Liwet, Selat Solo. Selayaknya sarapan dan makan siang, makan malam juga menjadi kebutuhan primer bagi setiap individu. Meskipun Anda sedang menjalani program diet untuk menjaga kestabilan berat badan, makan malam tetap diperlukan karena kebutuhan tubuh akan nutrisi harus tetap terpenuhi. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar menu makan malam yang Anda konsumsi tidak menjadi bumerang yang.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT