Recent Comments
    Aneka Resep

    Resep: Yummy Nasi menggono / sego gono

    By
    on
    September 9, 2020

    Nasi menggono / sego gono. Sego megono adalah makanan khas yg berasal dari kota wonosobo provinsi jawa tengah. Bahan ▪Kelapa parut ▪Cabe rawit ▪kencur ▪serai ▪salam ▪kaldu ayam ▪. Video ini berisi tutorial memasak nasi gono khas Temanggung yang gurih dan anti lembek.

    Nasi menggono / sego gono Dimakan dengan tempe dan ikan asin goreng. NASI / SEGO GONO bukan megono GURIH ANTI LEMBEK – Khas Temanggung. Video ini berisi tutorial memasak nasi gono khas Temanggung yang gurih dan anti lembek. Kamu dapat membuat Nasi menggono / sego gono menggunakan 18 bahan dan 8 langkah. Berikut cara kamu memasak nya.

    Bahan bahan dari Nasi menggono / sego gono

    1. Kamu memerlukan 2 cup Beras.
    2. Kamu memerlukan Air untuk masak nasi.
    3. Bahan 1 ikat Kacang panjang (kira2 10 batang ya).
    4. Kamu memerlukan 2-3 batang Sawi pait.
    5. Persiapkan 1/2 ons Teri belah.
    6. Bahan 1 kotak Tempe yg harga 2rbuan y (misal 5rbu,bagi 2 aja tempe ny).
    7. Kamu memerlukan 1/2 buah Kelapa parut (parut bagian putih aja).
    8. Persiapkan Bumbu halus :.
    9. Kamu memerlukan 1/2 ons Cabe ijo kriting.
    10. Persiapkan 9 butir Bawang merah.
    11. Kamu memerlukan 2 butir Bawang putih.
    12. Kamu memerlukan Dedaunan :.
    13. Bahan 3 lembar Salam.
    14. Bahan 2 batang Sere (geprek).
    15. Kamu memerlukan Perasa :.
    16. Kamu memerlukan 1 sdm Garam.
    17. Kamu memerlukan 1 sdt Gula.
    18. Kamu memerlukan 1 saset Royko 500an.

    Sego gono merupakan salah satu masakan khas Temanggung yang sudah ada sejak jaman dulu. Memang sih tampilan dari masakan Kalau nasi sudah siap, kukus nasi bersama campuran bumbu dan sayuran. Lihat juga resep Sego Megono Khas Pekalongan enak lainnya. Sego gono merupakan salah satu masakan khas Temanggung yang sudah ada sejak jaman dulu.

    Nasi menggono / sego gono Cara membuat

    1. Cuci bersih sayuran sawi,kacang pa jang,teri,beras,dedaunan,bawang,cabe.sisihkan..
    2. Potong2 sawi 3 cm.,potong kotak kecil tempe,potong kacang panjang 3 cm,sisihkan.
    3. Sangrai tanpa minyak tempe sampe agak coklat,sisihkan..
    4. Ulek bumbu halus,sisihkan..
    5. Campur beras dan air (takaran masak nasi y)ato 2 ruas jari.biarkan nasi setelah masak.(aku masak nasi langsung di rice cooker aja).
    6. Setelah nasi setengah masak,masukan smua sayuran,tempe,teri,bumbu halus,dedaunan,beri juga perasa.masukan juga kelapa parut nya.aduk2 rata.tes rasa dulu. Kalo di rasa udah enak tutup lagi rice cooker nya.
    7. Biarkan mode masak lagi.tunggu sampe mateng.setelah mateng aduk2 lagi ya.misal nasi nya di rasa blm terlalu mateng,tekan mode masak lagi.biarkan sampe bener2 mateng.sajikan panas2..uuweeennnaaakkk….
    8. Temen makan nya aku pake baceman,ikan goreng,sotong bakar,krupuk dan sambel.makin enak minum nya es jeruk..

    Memang sih tampilan dari masakan sego gono ini Kemudian kukus nasi hingga matang, selain matang, aduk sego gono hingga sayur dan bumbu tercampur. Sajikan masakan sego gono ini selagi. Mengingat Nasi Hangat Sego Megono dan Dinginya Udara Dieng. Resep Cara Membuat Sego Megono Khas Pekalongan – Sego/Nasi megono merupakan masakan/nasi khas pekalongan, atau pun daerah sekitar pekalongan. Nasi Megono dengan ciri khas nya yaitu nangka muda dan parutan kelapa muda merupakan nasi yang.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT