Recent Comments
    Aneka Resep

    Cara Memasak Sedap Kenapa Donat Kempes setelah dingin?

    By
    on
    September 11, 2020

    Kenapa Donat Kempes setelah dingin?. Kalau sudah dingin, soalnya donat cenderung mengeras. Tapi, donat yang keras setelah dingin bisa kita hindari Ada alasannya kenapa orang suka sekali membuat donat kentang. Akibatnya, setelah dingin, donat menjadi kempes.

    Kenapa Donat Kempes setelah dingin? Seketika rasa senang berubah menjadi sebuah pertanyaan besar. COM – Ingin membuat donat yang tidak mudah kempes setelah digoreng? simak resep dan cara membuatnya berikut ini. Donat pasti jadi camilan favorit di meja makan karena rasanya enak, dan teksturnya lembut saat digigit. Kamu dapat memasak Kenapa Donat Kempes setelah dingin? menggunakan 7 bahan dan 14 langkah. Berikut cara kamu membuat nya.

    Bahan bahan dari Kenapa Donat Kempes setelah dingin?

    1. Persiapkan 250 gr Terigu Protein Tinggi.
    2. Bahan 30 gr Gula Pasir.
    3. Bahan 1 bh Kuning Telur.
    4. Persiapkan 140 ml Air (maximal).
    5. Kamu memerlukan 5 gr Ragi Instan.
    6. Bahan 30 gr Margarin.
    7. Persiapkan 1 gr Garam.

    Membuat donat pun cukup mudah, hanya saja. Donat maizena tanpa telur. foto: cookpad.com. Pukul adonan untuk menghilangkan kempes, uleni kembali dan cetak donat sesuai selera. Главная. Teknik menggoreng donat dengan mudah tidak menyerap minyak, anti kempes, mulus.

    Kenapa Donat Kempes setelah dingin? Langkah-langkah

    1. Uleni adonan seperti biasa lalu goreng. Setelah digoreng tiba tiba dia kempes hiks hiks..
    2. Penyebabnya : ✔️ Over Proofing. Donat terlalu lama difermentasi. Kembali kepada suhu masing-masing ya. Kita ambil suhu normal pada umumnya (tidak dingin tidak panas berlebih) maka waktu proofing PERTAMA KALI yang baik adalah 30 menit..
    3. Setelah diproofing adonan kita kempiskan lalu kita cetak ulang dan kemudian diistirahatkan lagi. (Proofing Kedua).
    4. Padahal saat kita menimbang dan membentuk Adonan itu proses fermentasi tetap berjalan. Sehingga saat 1 adonan sudah selesai kita cetak dan mau kita istirahatkan, perhitungan waktu kita kurang tepat..
    5. Karena kebanyakan orang menghitung awal proses proofing kedua itu setelah semua adonan dicetak. Sehingga hasilnya donat kita jadi overproofing. Kempes saat dibuat..
    6. Cara mengatasinya : misalkan proofing pertama 30 menit maka saat mulai dikempiskan dan dicetak nyalakan stopwatch dan batasi waktu proofing. Seandainya waktu mencetak donat memakan waktu lebih dari 20 menit maka kita cukup saja melakukan proofing kedua selama 10-15 menit. Supaya adonan tidak over proofing..
    7. Ciri-Ciri adonan yang sudah siap digoreng itu ketika disentuh makai ujung jari dia tidak ngelos alias kembali seperti semula..
    8. Kalau kita menunggu dia diistirahatkan kedua kalinya terlalu lama, ditunggu sampai mengembang sekali biasanya saat digoreng dia akan kempes bgt tuh.. Soalnya selama penggorengan kan adonan bakal ngembang lagi..
    9. Over proofing menyebabkan tingkat udara pada adonan semakin membesar sehingga saat digoreng pada suhu tinggi, udara tadi membentuk tekanan dan adonan kita tidak terlalu kuat untuk menjaganya sehingga saat dingin adonan akan menjadi kempes..
    10. Yang kedua : ✔️ bobot adonan terlalu kecil. Dan bolongan tengahnya terlalu lebar. Seandainya bobot donat 40 gram dengan bobot donat 25 gram tidak akan sama hasil ke-menul-an dan kemontokannya..
    11. Jangan bingung ya kalau orang lain bisa montok banget tp kita engga padahal resepnya sama. Krn bisa jadi adonan dia saat dicetak itu ukurannya 40gram. Sementara adonan kita barangkali cm 25-30 gram..
    12. Gimana ya caranya supaya bisa dapet donat yang montok menul dan ga kempes? Jawabannya cm satu. Latihan..
    13. Karena kalau sudah sering latihan kita pasti bisa menebak nebak waktu dia sudah cukup proofing atau belum. Saya juga mash belajar. 🤗.
    14. Contoh Foto donat yang kempes..

    Setelah dingin olesi donat dengan margarin, lalu taburi keju atau meses. Bisa juga hanya menaburinya dengan gula bubuk. Ketika donat sudah dingin olesi donat dengan margarin, lalu masukkan ke dalam mangkuk berisi gula dan kayu manis. Selain rasanya nikmat, donat juga merupakan kudapan yang Belum lagi, donat sekarang hadir dengan berbagai macam variasi rasa dan topping, membuat Tinju-tinju adonan hingga udara keluar dan adonan kempes. Setelah agak dingin, masukkan tepung dan aduk hingga rata serta tidak ada lagi sisa tepung yang menggumpal.

    TAGS
    RELATED POSTS

    LEAVE A COMMENT